MOE Vol.1


"Moe adalah Karakter yang sangat sepesial dalam penggambarannya, untuk belajar menggambar karakter ini sebenarnya tidaklah sukar, selain tehknik- asal kita mengetahui sifat dasar dari karakter yang akan kita buat maka segalannya akan berjalan dengan mudah"

        Kutipan diatas saya ambil dari bukunya Shin Abe HOW TO DRAW MOE! Vol.2 pada halaman ke-7, sekarang tugas saya adalah memberi penjelasan singkat tentang kutipan yang saya Bold tadi.

        Bila dihitung, jenis Moe sekarang ini ada puluhan, dikategorikan mulai dari sifat, gaya rambut, berpakaian, jenis ras, hinga detail aksesoris dan masih banyak lagi. Kebanyakan doujin (mangaka di Jepang) menggabungkan beberapa jenis Moe ke dalam satu karakternya, sampai mereka puas mendapatkan Ultimate Moe mereka sendiri.

Dari puluhan jenis Moe yang ada gue bakal ngasih tau 7 penjelasan tentang karakter Moe yang saat ini sedang populer, diantarannya:

Tsundere, sering dijadikan tokoh utama suatu cerita, ia mempunyai daya tarik (TRaction) yang sangat besar terhadap orang-orang disekitarnya. Karakter ini mempunyai sifat jutek, bisa diandalkan da kuat, meski dibalik semua kesempurnaannya dia hanyalah gadis biasa yang butuh "cinta" juga.

Dandere, karakter paling cool diantara semua jenis moe yang akan kita bahas. Sifatnnya tertutup, tidak mau mencampuri urusan orang lain dan pendiam, tapi dibalik itu semua, ia adalah karakter pintar yang aware dengan keadaan sekitarnya. hanya berbicara hal yang dianggapnya penting dan kadang omongannya mampu menyelesaikan problem disekitarnya.

Pettanko, adalah karakter unik. Karakter ini sangat lively dan tinggkah lakunya sangat mengundang perhatia. Karakter ini mempunyai sebuah kelemahan di fisiknya... yaitu: dadanya yang berukuran kecil! Kekurangannya ini justru menjadikan pettanko menjadi salah satu karakter ter-favorit karena tingkahnya yang super-sewot-hyper-sensitif bila seseorang menyinggung soal dadanya.


        Hey Te-eR!!  Sudah mulai mengerti bukan bagaimana sifat karakter-karakter Moe yang saya jelaskan tadi. Sebetulnya sih ada 4 karakter lagi yang belum saya informasikan. Tetapi berhubung H4S sedang lelah dan juga PC saya sudah menyala dari tadi siang saya menyudahi pengetikan iniii!!!

        Jangan takut, 4 karakter Moe nantinya saya akan bagi ke kalian lagi di Vol.2 jadi KEEP WAITING YAA!!



BigThanks to Donny Kurniawan,


Note for all :
        Maaf saya tidak memberikan penjelasan dengan gambarnya, untuk itu silahkan anda berkunjung ke OM GOOGLE !! Thankyou®